MASIGNCLEAN103

Pengertian Sistem Starter, Jenis Dan Fungsinya

Sistem Starter Pada Kendaraan - Pengertian Sistem Starter secara singkat adalah sebagai berikut, Sistem starter adalah salah satu bagian dari sistem yang ada pada kendaraan untuk membuat putaran awal bagi mesin untuk dapat menjalankan rangkaian siklus kerjanya yaitu Dengan cara memutar fly wheel, Kemudian mesin mendapat putaran pertama ( awal ) lalu selanjutnya mesin dapat bekerja memberikan putaran dengan sendirinya melalui siklus pembakaran pada ruang bakar.
Sedangkan Untuk Fungsi Sistem Starter adalah sebagai pengerak awal pada sebuah mesin sehingga mesin bisa melakukan tahap awal proses pembakaran pada ruang bakar.
Baca : Komponen Sistem Starter

Nah sampai disini sudah paham kan apa Pengertian Singkat Sistem Starter dan Apa Fungsi Sistem Starter pada sebuah kendaraan motor bakar.
Pengertian Sistem Starter, Jenis Dan Fungsinya
Pengertian Sistem Starter, Jenis Dan Fungsinya
Jadi kesimpulan yang admin JagoanOtomotif.Com dapatkan dari pemahaman diatas adalah Kendaraan bermesin Motor Bakar tidak akan dapat bekerja tanpa adanya Sistem Starter, oleh karena itu sistem starter pada kendaraan sangat penting dan pasti ada pada kendaraan yang menggunakan Motor Bakar.

Masih bingung dengan Sistem Starter karena masih belum paham dan fasih serta maksud dari sistem starter itu apa :D okelah karena masih susah dipahami dan dimengerti maka admin JagoanOtomotif.Com memberikan Penjelasan Jenis - Jenis Sistem Starter.

Jenis Sistem Starter Pada kendaraan Motor bakar ada Tiga ( 3 ) yaitu Starter Mekanik, Starter Elektrik dan Starter Pneumatik, nah tambah bingung lagi pastinya ( bagi yang belum diajarkan ) pasti butuh penjelasan lengkapnya kan :D

Penjelasan Sistem Starter Jenis Starter Mekanik
Sistem Starter Jenis Mekanik adalah Starter yang pengerakanya menggunakan tenaga manusia, contoh paling sederhananya adalah Kick Starter atau Starter Kaki, Dam Slenger atau Starter untuk mesin Diesel paling banyak disebut sebagai ENGKOL.

Penjelasan Sistem Starter Jenis Starter Elektrik
Sistem Starter Jenis Starter Elektrik Adalah Starter yang tenaganya bersumber dari Listrik ( Arus ), dan saat ini banyak digunakan untuk kendaraan Roda dua maupun roda empat, jenis ini paling banyak diminati dan digunakan saat ini.

Penjelasan Sistem Starter Jenis Starter Pneumatik
Sistem Starter Jenis Starter Pneumatik adalah Starte yang tenaganya bersumber dari udara yang memiliki tekanan, untuk jenis sistem starter ini banyak digunakan untuk kendaraan kapal laut yang membutuhkan tenaga cukup besar untuk membuat putaran awal pada mesinya.

Baca Juga : Alat Pemotong Rantai Kendaraan Motor

Paham ya dengan penjelasan diatas, dan apabila masih belum paham silahkan bertanya dikolom komentar serta untuk artikel lainnya Tentang Sistem Starter bisa dibaca pada artikel selanjutnya, jika bermanfaat silahkan artikel ini dibagikan kepada teman - teman TSM atau TKR dan semua yang bekerja / beraktifitas di Perbengkelan :), ( SatriaMedia.Net ).

Share This :